Mandi terbagi pada dua
bahagian: Mandi wajib dan mandi sunnat.Mandi sunnat banyak sekali, sementara
mandi wajib ada tujuh macam:
1. Mandi janabah
2. Mandi Haid
3. Mandi Nifas.
4. Mandi Istihadhoh
5. Mandi kerana menyentuh
mayat yang sudah sejuk tapi belum dimandikan
6. Mandi Mayat.
7. Mandi sunnat kerana
nazar, seperti bernazar ingin mandi sunnat Jumat atau mandi ziarah dsb.
MANDI HADAS
1. Cara mandi tertib:
a) Membasahi kepala dan
leher
b) membasuh badan bagian
sebelah kanan dengan memulai bahu kanan sehingga ke ujung jari kaki kanan.
c) Membasuh bahagian kiri
badan mulai dari bahu sehinggalah ke ujung jari kaki kiri. Mendahulukan kanan ke
atas kiri tidaklah wajib; tapi lebih baik dan ihtiyat sunnat saja.
2. Cara mandi
irtimasi
(tenggelam): yakni dengan
menenggelamkan seluruh tubuh badan ke dalam air (sungai misalnya) secara sekali
tanpa urutan seperti di atas.
BEBERAPA MASALAH PENTING
* Mandi janabah telah
memadai dan berwudhu' atau dari mandi-mandi yang lain seperti mandi sunnat,
kecuali mandi untuk istihadhoh sedang
bagi
pcrempuan.
* Hukum jabiroh (orang yang dibalut karena
luka) pada mandi sama dengan hukum jabiroh pada wudhu' kecuali untuk
mandi
may at.
Bezanya
ialah: jika yang menghalangi dari mandi berupa luka atau borok yang tak
berbalut, maka dia boleh mandi atau tayammum. Jika dia pilih untuk mandi maka
sebaiknya dia letakkan kain di atasnya kemudian menyapunya dengan air. Namun
mengikut fatwa yang jelas ialah cukup baginya menyapukan air di sekeliling luka
itu. Tapi jika yang menghalangi berupa patah tulang yang dibalut, maka wajib
mandi dan menyapukan air ke atasnya. Tapi jika ianyatak berbalut atau tak
mungkin menyapukan air ke atasnya lantaran pembalutnya najis misalnya, maka ia
wajib melakukan tayammum saja.
* Sebelum mandi janabah,
haid, nifas , istihadhoh atau lantaran menyentuh mayat yang telah sejuk sebelum
diman-dikan, maka diharamkan baginya untuk melakukan sesuatu yang mensyaratkan
kesucian * Wajib mandi jika berlaku janabah, haid.nifas, istihadhoh, atau
menyentuh mayat sebelum melakukan:
1. Sholat wajib atau sholat
sunnat serta bagian-bagiannya yang terlupa, melainkan sholat mayit yang kesucian
bukan merupakan syaratnya.
2. Puasa ; yang kelak akan
kita sentuh di bab puasa.3. Tawaf wajib yang diawali dengan ihrom.
4. Menyentuh tulisan
AlQuran; dan ihtiyat wajib juga di dalam menyentuh nama Allah, sifatNya, nama
para nabi dan imam serta Fatimah az-Zahro' as.
4. Masuk ke dalam masjid,
melainkan untuk sekedar melintas saja; kecuali masjid Haramain, Mekah dan
Madinah.
5. Meletakkan sesuatu ke
dalam masjid walau sambil melintas atau meletakkannya dari luar masjid; atau
ingin mengambil sesuatu dari masjid.
6. Berada dan berdiam di
dalam masjid atau di tempat-tempat yang mulia seperti makam Nabi saw dan para
imam as.
7. Masuk ke dalam masjid
Haramain Mekah dan Madinah.
8. Membaca ayat-ayat
Azaim,
yakni
ayat-ayat yang mengandung wajib
sujud.
SEBAB JANABAH
Sebab janabah ada dua:
1. Keluarnya air mani walau di saat tidur.
Cairan yang keluar setelah mandi janabah, jika tidak dilakukan istibro'
(kencing) sebelumnya , maka ia akan dianggap sebagai air mani dan wajib mandi
semula.
2. Masuknya kepala zakar ke dalam faraj atau
dubur sekalipun tidak keluar mani.
*Jika berlaku kencing di pertengahan mandi maka
ihtiyat wajib melakukan wudhu' semula selepas mandi; tapi jika tidak maka cukup
mandi saja.
MAKRUH bagi orang yang janabah melakukan hal-hal
berikut:
1. Makan dan minum, kecuali setelah berwudhu*
atau berkumur kumur dan memasukkan air ke hidung lalu mengeluarkannya
kembali.
2. Membaca lebih dari tujuh ayat Al Quran
selain dari ayat-ayat Azaim.
Ihtiyat (sebaik-baiknya) tidak
membaca Al-Quran sama sekali ketika berada dalam keadaan janabah.
3. Menyentuh halaman AlQuran yang tak
bertulis.
4. Tidur kembali dalam keadaan janabah
melainkan setelah wudhu' atau tayammum sebagai ganti wudhu'.
Sunnat bagi orang yang janabah melakukan hal-hal
berikut:
1. Mencuci kedua belah tangan sebelum mandi
dari siku hingga ke ujung jari sebanyak tiga kali.
2 . Berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung
lalu mengeluarkannya.
3. Menyapu dengan tangan seluruh badan yang
dapat dicapai oleh tangan terutama di dalam mandi secara tertib.
4. Menanggalkan cincin
dsb.
5. Beristibro'
dengan melakukan kencing sebelum memulai mandi janabah.
No comments:
Post a Comment